PKS Kawal Hasil Pilkada Tual dan Malra

PK-Sejahtera Online [23/08]: Asegaf menegaskan, walaupun belum 100 persen suara yang masuk, namun kecil kemungkinan calon lain menggeser posisi AYU dan BARU.

Kemenangan pasangan yang diusung oleh PKS-Golkar ditanggapi positif oleh Ketua DPW PKS Maluku, Syaid Mudzakir Assegaf. Asegaf menandaskan, kemenangan yang diraih oleh koalisi ini membuktikan bahwa masyarakat Tual dan Maluku Tenggara menginginkan perubahan. “Perubahan sangat diinginkan oleh masyarakat, sehingga calon yang kita usung mendapat suara yang signifikan,” ujarnya.

Asegaf melanjutkan, harus diakui bahwa masyarakat di Maluku tenggara dan Kota Tual belum mengalami kemajuan pembangunan yang berarti. Selain itu jalannya pemerintahan sebelumnya masih membuka sekat-sekat sosial di antara masyarakat Maluku Tenggara. “Karenanya, masyarakat Malra dan Tual menginginkan kepemimpinan baru, kepemimpinan yang membawa harapan baru,” ujarnya lagi. Ia melanjutkan, sesungguhnya kemenangan dalam pilkada ini adalah kemenangan masyarakat Tual dan Maluku tenggara.

Selain itu, ada banyak variable lain yang berpengaruh terhadap kemenangan dalam pilkada tersebut. Selain popularitas figure, mesin politik partai pengusung juga bekerja dengan baik. “Mesin partai pengusung baik PKS, Golkar maupun partai-partai koalisi bekerja dalam sebuah harmonisasi yang positif. Ini menjadi kunci lain dari rahasia kemenangan tersebut,” tegasnya lagi.

Berdasarkan data sementara yang dihimpun oleh pihaknya, pilkada kota Tual dengan mengusung Abubakar Tamher – Adam Rahayaan S.Ag (BARU) posisinya masih nomor satu dengan suara 13,187 (48 %). Pilkada kabupaten Maluku Tenggara, koalisi PKS-Golkar-PNBK-PKNU yang mengusung Andreas Rentanubun – Drs Yunus Serang (AYU) sementara memimpin perolehan suara. Pasangan AYU memperoleh 19,993 atau 40% suara.

Asegaf menegaskan, walaupun belum 100 persen suara yang masuk, namun kecil kemungkinan calon lain menggeser posisi AYU dan BARU. “Kemungkinannya kecil bagi kandidat lain untuk menggeser posisi kemenangan pasangan yang diusung PKS – Golkar,” ujarnya.

Untuk itu, lanjutnya, pihaknya akan terus mengawal proses perhitungan suara hingga pengumuman resmi dari KPU. “Saya telah memerintahkan struktur PKS dan kader di Maluku Tenggara dan Tual untuk mengawal hasil pilkada ini hingga pengumuman resmi di KPU nantinya,” tegas Asegaf.

Penegasan ini untuk menghindari kemungkinan-kemungkinan negative yang bisa terjadi dalam proses-proses perhitungan hasil pilkada sebelum pengumuman resmi. “Pengalaman pilkada di beberapa tempat cukup member pelajaran kepada PKS, sehingga kita senantiasa mengadvokasi hasil pilkada di dua daerah ini secara serius,” ungkapnya. (pks maluku)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s