Ekonom Unhas Dukung Program Ekonomi Halim-Jafar

Nelayan merupakan profesi yang juga akan di genjot pengelolaannya oleh Halim-Jafar. Menurut Halim, bentuk pengelolaan yang akan diberikan kepada nelayan adalah bantuan infrastruktrur seperti perahu, alat menangkap ikan yang lebih canggih.

PK-Sejahtera Online: Ekonom Unhas Drs. Taslim Arifin, MA memberikan pandangan-pandangannya terkait dengan program pemberdayaan ekonomi masyarakat yang diusung oleh pasangan calon walikota dan wakil walikota Makassar Halim Razak dan Jafar Sodding. Hal ini disampaikan Taslim dalam diskusi dengan Halim-Jafar ketika Halim-Jafar mengunjungi kediamannya. (29/8).

Dalam kunjungannya, Halim-Jafar memaparkan visi misinya terkait dengan upaya pengentasan kemiskinan dan pengangguran di Makassar yang bermuara pada program pemberdayaan ekonomi masyarakat. Pedagang kaki lima, nelayan dan pa’gandeng termasuk bagian yang akan di maksimalkan pengelolaannya oleh Halim-Jafar dalam upaya pengentasan kemiskinan dan pengangguran jika mereka dipercaya memimpin Kota Makassar. Pengelolaan yang dimaksud yakni dengan memberikan bantuan modal, pembimbingan dan bantuan pemasaran kepada sector informal tersebut.

Terkait dengan pedagang kaki lima, Halim mengemukakan bahwa perhatian kepada pedagang kaki lima pernah dilakukan oleh pemerintah Kota Makassar. “Dalam era pemerintahan walikota Pak Patompo, pedagang kaki lima mendapatkan perhatian dengan memberikan mereka ruang untuk berdagang dan itu berwujud pasar senggol losari dan pasar senggol mattoanging,” ujar Halim ketika ditemui di Media Center Tim Pemenangan Halim-Jafar. Dampaknya lanjut Halim, saat ini pedagang-pedagang yang pernah diperhatikan dalam era tersebut, sekarang telah mengisi mall-mall di makassar.

Nelayan merupakan profesi yang juga akan di genjot pengelolaannya oleh Halim-Jafar. Menurut Halim, bentuk pengelolaan yang akan diberikan kepada nelayan adalah bantuan infrastruktrur seperti perahu, alat menangkap ikan yang lebih canggih. “Bantuan infrastruktur ini akan memungkinkan nelayan untuk berani berlaut sampai jauh untuk mengeskplorasi kekayaan laut Indonesia. Jika mereka mendapatkan hasil laut yang melimpah, secara otomatis, akan terjadi pemberdayaan pengelolaan hasil laut tersebut di daratan. Dan ini lagi-lagi akan membuka lapangan kerja baru” urai Halim dengan semangat.

Dalam pertemuan dengan Drs. Taslim Arifin, MA, Halim mengaku bahwa Ekonom Unhas tersebut mengharapkan Halim-Jafar juga memperhatikan pendidikan. Salah satu wujudnya dengan memberikan perhatian dan dorongan kepada ilmuwan untuk melakukan penelitian-penelitian agar mendapatkan temuan-temuan baru yang bermanfaat dan inovatif dalam bidang keilmuannya masing-masing. Selain itu Taslim juga berharap perhatian khusus dengan memberikan bantuan bagi guru-guru yang sedang menyelesaikan studinya.

Mengomentari harapan Taslim tersebut, Halim memaparkan bahwa harapan tersebut sejalan dengan visi misinya dalam membangun Kota Makassar jika dipercaya menjadi Walikota. “menciptakan pendidikan murah dan berkualitas merupakan komitmen kami sejak awal, dan itu akan kami wujudkan, insya Allah” tegasnya. (pks makasar)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s